100 Poems

100 Poems

Biologi gambar struktur virus corona berikut dengan fungsi nya ?!



terima kasih sebelumnya bagi yg sudah berkenan menjawab dengan benar☺​

gambar struktur virus corona berikut dengan fungsi nya ?!



terima kasih sebelumnya bagi yg sudah berkenan menjawab dengan benar☺​

Penjelasan:

Covid 19 memiliki struktur sebagai berikut : spike, envelope, nucleocapsid, hemagglutinin esterase, membrane dan lipid bilayer.

Struktur virus Corona

Struktur virus berukuran sangat kecil dan bersifat parasit intraseluler obligat atau menempel pada inang. Virus memiliki materi genetik RNA atau DNA untuk memperbanyak diri.

Materi genetik sangat penting bagi virus sehingga terlindung dalam lapisan protein atau capsid. Dikutip dari situs Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok, struktur virus Corona berbentuk bola dengan ukuran besar.

Beberapa jenis virus Corona bersifat pleomorfik dengan kecenderungan bulat. Diameter rata-rata partikel adalah 125 nm dengan struktur virus Corona yang khas berupa amplop dan tonjolan seperti paku.

Amplop pada struktur virus Corona adalah lapisan lipid ganda yang terdiri atas protein penyusun membran (M), envelope (E), dan spike (S). Protein E dan M sangat penting dalam membentuk selubung dan mempertahankan struktur virus Corona.

Struktur virus Corona rata-rata memiliki 74 S di permukaannya. Sedangkan dalam amplop, tersimpan protein nukleokapsid (N) yang melindungi informasi genetik RNA virus. Amplop, M, dan N melindungi virus Corona saat berada di luar inang.

[answer.2.content]